Tuesday, July 30, 2019

Pengertian Kelistrikan

A. Wawasan Kelistrikan
Listrik merupakan teknologi mutakhir yang ditemukan manusia. Listrik dapat menjangkau semua lapisan masyarakat, baik di kota maupun di desa, meskipun beberapa daerah pedalaman tidak terjamah oleh listrik. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari kita sangat memerlukan benda elektronik yang digerakkan dengan listrik. Dengan demikian dibutuhkan sumber arus listrik untuk memperlancar dan membantu aktivitasa dalam kehidupan sehari-hari,.

        1.  Pengertian Kelistrikan
Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Ada dua jenis muatan listrik, yaitu muatan listrik negatif dan positif. Listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik menimbulkan berbagai macam efek yang telah umum diketahui, seperti petirlistrik statisinduksi elektromagnetik dan arus listrik. Adanya listrik juga bisa menimbulkan dan menerima radiasi elektromagnetik seperti gelombang radio. Suatu benda bermuatan listrik negatif jika berlebihan elektron dan bermuatan positif jika kekurangan elektron. SEcara alami, muatan listrik positif selalu mengalir dari titik berpotensial tinggi ke titik berpotensial rendah. Aliran ini disebut sebagai arah arus listrik konvensial. Akan tetapi sebenarnya muatan listrik yang bergerak di dalam konduktor bukanlah muatan listrik positif, tetapi mujatan listrik negatif (elektron) dan arah aliran elektron berlawanan dengan arah aliran muatan positif.



No comments:

Post a Comment

C. Jenis dan Karakteristik Bahan Keras Buatan

Bahan keras buatan adalagh bahan yang untuk karyakerajinan yang diolah danb dicampur dengan bahan tertentu sehingga menjadi keras, dan memil...