Tuesday, July 30, 2019

Upaya Penghematan Listrik

Upaya Penghematan Listrik

Meski dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak boleh boros begitu saja dalam menggunakan energi listrik. Hal itu dikarenakan biaya listrik akan semakin mahal, jika sudah mahal kita sendiri yang akan menanggung akibatnya.
Berikut ini upaya-upaya dalam penghematan listrik :
  • Tahu Kapan Menyalakan Peralatan Listrik
Untuk menghemat daya listrik, kita harus tahu kapan saatnya menggunakan dan menyalakan peralatan listrik. Jangan membiarkan televisi dan radio menyala dalam waktu yang lama, radio dan televisi yang dibiarkan menyala selama seharian penuh juga bisa merusak elemen-elemen di dalam peralatan listrik tersebut.
  • Jangan Menyalakan Lampu Siang Hari
Saat siang hari manfaat matahari bisa digunakan sebagai sumber penerangan. Sumber penerangan tidak perlu menggunakan lampu, sebab lampu tidak bisa mengalahkan energi matahari. Ada baiknya kita mematikan lampu saat siang hari, nyalakan lampu saat dibutuhkan saja. Misalnya saat malam hari.
  • Jangan Menggunakan Mesin Air Otomatis
Jangan menggunakan mesin air secara otomatis, sebab otomatis sedikit-sedikit akan menyala saat airnya berkurang. Oleh sebab itu gunakanlah sanyo yang tidak otomatis, jadi bisa dinyalakan saat air benar-benar telah habis. Selain itu, mesin air  otomatis akan memiliki tarif listrik yang lebih mahal dibandingkan dengan sanyo yang normal.
  • Cukup Satu Televisi Saja
Ada rumah yang memiliki dua televisi atau bahkan lebih, hal itu dikarenakan banyak anggota keluarga yang menyukai acara-acara yang berbeda. Memiliki lebih dari satu televisi bisa membuat daya listrik membengkak dan tarif listrik pun akan menjadi mahal. Usahakan dalam satu rumah hanya memiliki satu televisi saja, jangan lebih dari satu televisi.
Saat ini, anggaran pemerintah untuk listrik membengkak. Jadi pemerintah sering mengadakan pemadaman listrik bergilir. Hal itu untuk menghemat anggaran pemerintah untuk listrik. Meski tidak lama, pemadaman listrik bergilir itu sering membuat banyak orang kacau dalam menjalankan aktivitasnya.


No comments:

Post a Comment

C. Jenis dan Karakteristik Bahan Keras Buatan

Bahan keras buatan adalagh bahan yang untuk karyakerajinan yang diolah danb dicampur dengan bahan tertentu sehingga menjadi keras, dan memil...